Home » »

Menggunakan VirtualBox di Ubuntu

Sebelum menggunakan VirtualBox, install dahulu VirtualBox melalui cara berikut. Sekarang saatnya kita menggunakan VirtualBox.





Membuat Machine



Klik tombol New, kita akan di sambut oleh wizard Selamat Datang. Selanjutnya beri nama machine dan jenis machine. Misalnya Damn Small Linux untuk nama dan linux 2.4 untuk OS type. Selanjutnya klik Next.



Selanjutnya kita atur jumlah memory yang kita ijinkan untuk Guest OS. Tergantung dari rekomendasi Guest OS yang kita pakai, untuk Damn Small Linux misalnya minimal 128 MB tetapi bila kita memakai Ubuntu 9.04 dibutuhkan memory minimal 384 MB.

Membuat Harddisk Virtual



Selanjutnya kita akan diminta memilih jenis harddisk yang akan di buat.

Ada dua opsi, yang pertama Dinamically Expanding Image, yakni Virtual Harddisk dengan kuota tertentu. Kapasitasnya bergerak dinamis disesuaikan dengan pergerakan data Guest OS.

Fixed Image, yakni kapasitas tetap, tidak peduli dengan pergerakan data Guest OS, kapasitas akan selalu tetap.


Setelah memilih (di sarankan memakai Dinamically Expanding Image) lakukan setting.Klik next dan Finish.

Setting Lebih Lanjut



Meskipun sudah memiliki mesin, kita belum konfigurasi dengan benar. Pastikan mesin anda sudah terpilih lalu klik setting.



Pada bagian General tab Advanced rubah urutan boot loader, misalnya CD/DVD ROM, Floppy Disk, Harddisk. Gunakan tombol panah untuk mengatur urutannya. Kita juga dapat men-disable ACPI bila mau.



Selanjutnya pada pilihan CD/DVD ROM kita akan mengatur opsi Guest OS, di sini sebagai contoh akan digunakan file .iso Klik tombol Add untuk memilih file .iso

Menjalankan Machine



Untuk menjalankan machine, pastikan machine terpilih lalu klik Start. Akan ada peringatan auto capture keyboard. untuk mengaktifkan mouse kita tinggal melakukan klik. Untuk beralih ke Guest OS kita cukup menekan tombol keyboard Ctrl di sebelah kanan keyboard. Begitu juga sebaliknya untuk beralih ke Host OS, cukup tekan tombol Ctrl sebelah kanan.



Sekarang Machine (guest OS) sudah dapat dijalankan.


 download virtual

DOWNLOAD

0 comments:

Posting Komentar